Blog untuk berbagi ilmu komputer

Friday, May 16, 2014

BELAJAR SQL #1 Dasar SQL

Pengertian
SQL merupakan sebuah bahasa yang berisikan sekumpulan perintah khusus yang bisa digunakan untuk mengelola data di dalam database. Karena SQL merupakan sebuah Bahasa, maka dalam penerapannya tidak akan terlepas dari aturan-aturan bahasa atau yang lebih dikenal dengan istilah syntax.


Perintah SQL secara garis besar terdiri dari DDL (Data Definiton Language), DML(Data manipulation Language) dan DCL (Data Control Language). DDL digunakan sebagai perintah untuk mengelola struktur Database seperti membuat database/ tabel, memodifikasi tabel, atau menghapus tabel. DML digunakan untuk memanipulasi data yang sudah tersimpan di dalam tabel.

Perintah DDL (Data Definition Language) lebih ditujukan untuk mengatur struktur dari database serta entity-entity yang ada di dalam database. Perintah DDL terdiri dari :
1.         CREATE
Perintah CREATE dalam database  dapat digunakan untuk membuat database atau membuat tabel.
2.       DROP
Perintah DROP digunakan untuk menghapus Tabel atau menghapus Database
3.       ALTER
Perintah ALTER digunakan untuk memodifikasi tabel, seperti menambahkan field baru, menghapus field dan merubah struktur field

Perintah DML (Data Manipulation Language) digunakan untuk memanipulasi data( record) di dalam database. Perintah DML terdiri dari :
1.         INSERT
Perintah insert digunakan untuk memasukkan data (record) ke dalam tabel.
2.       DELETE
Perintah DELETE digunakan untuk menghapus record yang tersimpan di dalam tabel. Perintah ini dilengkapi dengan kondisi penyaringan (Filter) data yang akan dihapus. Kondisi penghapusan data diletakkan setelah WHERE
3.       UPDATE
UPDATE digunakan untuk melakukan perubahan data yang ada pada masing-masing field. UPDATE juga dilengkapi kondisi penyaringan data.
4.       SELECT
SELECT digunakan untuk memilih atau menampilkan data tertentu yang tersimpan dalam tabel. Sama seperti DELELTE dan UPDATE, SELECT juga dilengkapi dengan kondisi penyaringan data.
Share:

0 comments:

Post a Comment

Blogger templates